PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FARMASI (STUDI KASUS PADA SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG)

Lenni Lukitasari

Abstract


Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terkait langsung dengan kemajuan masyarakat diharapkan mampu memberikan pola berpikir yang lebih baik,  memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tenaga ahli dan tenaga terampil sesuai dengan keberagaman tingkat dan jenis kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran asa dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa S1 Farmasi di STFB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 277 responden. Penelitian  dilaksanakan pada Perguruan Tinggi Swasta bidang Farmasi di Kota Bandung. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Bauran Pemasaran Jasa dan Nilai Pelayanan berada pada kategori cukup baik, Kepuasan mahasiswa berada pada kategori cukup baik. (2). Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh 81,6%. (3) Secara parsial Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh masing-masing sebesar 35,8% dan 57,7%. Sedangkan korelasi bauran pemasaran jasa dengan kualitas layanan sebesar 85,9 %, Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan dibandingkan dengan bauran pemasaran jasa.


Keywords


Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas layanan, dan Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi, Cetakan Kedelapan, Rineka Cipta : Jakarta.

Buchari, Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan, Alfabeta : Bandung

Heryanto Imam, 2018. Path Analysis Menggunakan SPSS dan Excel, Panduan Pengolahan Data Penelitian Untuk Skripsi/Tesis, Informatika Bandung.

Kotler Philip, diterjemahkan oleh Molan, 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhalindo Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat : Jakarta

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tjiptono Fandi, 1998. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.

Umar Husein, 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jop.v2i2.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lenni Lukitasari

p-ISSN: 2620-8563; e-ISSN: 2621-1521


Index: