GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR (WUS) TENTANG DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI PUSKESMAS KARANGMULYA KABUPATEN GARUT

Rizal Febriana, Yanti Hermayanti, Lilis Mamuroh

Abstract


Setiap wanita yang sudah melakukan hubungan seksual beresiko terkena kanker serviks, sehingga diperlukannya deteksi dini sebagai langkah awal melihat kelainan pada area serviks. Minat deteksi dini kanker serviks masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya harus diketahui untuk pengembangan program, penelitian ini memfokuskan pada pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan wanita usia subur tentang deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Karangmulya Kabupaten Garut. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif, sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel secara insidental sampling. Instrumen dikembangkan serta telah dimodifikasi kembali. Instrumen sudah dilakukan uji validitas dan didapatkan nilai r hitung > 0,444 dan uji reabilitas dengan alpha cronbach (0,970). Analisa data menggunakan univariat.

Hasil penelitian menunjukan pengetahuan wanita usia subur sebagian besar (68,7%) berada pada kategori cukup. Berdasarkan komponen pengetahuan yang paling banyak dikuasai adalah definisi deteksi dini (82,8% , dan yang tidak dikuasai responden adalah kewajiban deteksi dini (71,1%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa para wanita usia subur beresiko terkena kanker serviks, akibat dari pengetahuan yang kurang mengenai kewajiban deteksi dini. Disarankan untuk petugas kesehatan melakukan promosi kesehatan khususnya tentang kanker serviks dan pencegahanya untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi wanita usia subur dalam melakukan deteksi dini.


Keywords


Deteksi Dini Kanker Serviks, Pengetahuan Kanker Serviks

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v21i1.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizal Febriana, Yanti Hermayanti, Lilis Mamuroh

Flag Counter

RJI Main
logo