HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN SEMESTER II UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Yudita Hindiarti

Abstract


Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan dalam semua aspek kehidupan. Dampak perubahannya adalah upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui proses belajar. Tujuan pembelajaran adalah meningkatkan prestasi belajar sebagai suatu pencapaian yang diharapkan. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang penting dalam belajar adalah disiplin. UNRIYO merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Hasil studi pendahuluan di UNRIYO menunjukkan bahwa disiplin belajar mahasiswa kurang, sehingga pencapaian indeks prestasi kurang memuaskan.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi D-III Kebidanan semester II UNRIYO tahun akademik 2012/2013.
Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif analitik korelasionaldengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Universitas Respati Yogyakarta. Subjek penelitian yaitumahasiswa program studi D-III Kebidanan semester II tahun akademik 2012/2013 UNRIYO yang berjumlah 215 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Simple Random Sampling. Alat pengukuran menggunakan kuesioner. Teknik analisis dengan uji Kendall Tau.
Hasil Penelitian : Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa (85,7%) dalam kategori disiplin. Prestasi belajar mahasiswa sebagian besar (54,3%) dalam kategori cukup. Hasil analisis uji Kendall Tau diperoleh nilai probabilitas 0,000 dengan nilai koofisien korelasi 0,299.
Kesimpulan : Ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi D-III Kebidanan semester II UNRIYO tahun akademik 2012/2013 .


Keywords


disiplin, belajar , prestasi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v17i2.263

DB Error: Table './ejurnal_ejour98jhd/referrals' is marked as crashed and should be repaired