ANALISIS PENGARUH VARIASI JUMLAH ECENG GONDOK DAN VARIASI JUMLAH VOLUME AIR LIMBAH TERHADAP KUALITAS LIMBAH CAIR INDUSTRI BATIK CIGEUREUNG KECAMATAN CIPEDES KOTA TASIKMALAYA

Endang Surahman

Abstrak


Indonesia terkenal dengan batiknya, jenis batik yang dimiliki Indonesia sangat banyak, Tasikmalaya sebagai salah satu daerah yang memiliki batik dengan ciri khasnya sendiri yang berbeda dengan daerah lainnya, di samping menjadi komoditas dengan adanya perusahaan batik terdapat pula dampak negatifnya karena proses pembuatan batik tidak akan terlepas dan terhindar dari proses pewarnaan, sehingga mengakibatkan banyaknya bahan pencemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh variasi jumlah eceng gondok (gr) yang ditanam pada limbah cair batik yang volumenya sama terhadap kualitas limbah cair industri batik; dan 2) pengaruh jumlah eceng gondok (gr) yang sama yang ditanam pada variasi jumlah volume limbah cair batik terhadap kualitas limbah cair industri batik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, penelitian dilakukan di Laboratorium Botani Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Unsil selama empat bulan. Sampel  yang digunakan dalam penelitian ini adalah limbah cair batik dari wilayah Cigeureung Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, dengan instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, yang dianalisis di PT Sucofindo (Persero) yang beralamat di Jln. Soekarno Hatta No. 217 Bandung 40233.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa semua parameter yang diamati yaitu total suspended solid, BOD, COD, amonium, dan minyak dan lemak yang terkandung dalam limbah cair batik di Cigeureung kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya setelah diberi perlakuan 1) variasi jumlah eceng gondok (gr) yang ditanam pada limbah cair batik yang volumenya sama; 2) jumlah eceng gondok yang sama yang ditanam pada variasi jumlah volume limbah cair batik, secara keseluruhan mengalami penurunan walaupun secara khusus ada yang meningkat.

Kata kunci: eceng gondok, limbah cair batik, total suspended solid, BOD, COD, ammonium, dan minyak dan lemak


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardy, Fiqry Addina. 2014. Pemanfaatan Eceng Gondok Untuk Mengurangi Kadar Logam Berat Pada Perairan. Prodi Pendidikan Biologi, Makalah. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Lahenda, et al. 2015. Pemanfaatan Eceng Gondok Terhadap Penurunan Kadar Merkuri (Hg) Limbah Cair Pada Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI). e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 3 (no. 2) Mei 2015.

Ratnani, R.D. et al. 2011. Pemanfaatan Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Untuk Menurunkan Kandungan Cod (Chemical Oxygen Demond), Ph, Bau, Dan Warna Pada Limbah Cair Tahu. Momentum, Vol. 7, No. 1, April 2011: 41– 47.

Ratih, Y. Wijaya, 2013. Pengaruh Limbah Industri Batik Menggunakan Pewarna Alami Dari Desa Wukursari Terhadap Viabilitas Bakteri Tanah, Prodi Agrotek dan Prodi Teknik Lingkungan, UPN Veteran Yogyakarta.

Sasongko, Dwi P. dan Wildan Panji Tresna. 2010. Identifikasi Unsur Dan Kadar Logam Berat Pada Limbah Pewarna Batik Dengan Metode Analisis Pengaktifan Neutron. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Telaah. Volume 27. Mei 2010.

Suprihatin, Hasti. 2014. Kandungan Organik Limbah Cair Industri Batik Jetis Sidoarjo dan Alternatif Pengolahannya. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Riau.

S. R. M. Kutty, S. N. I. Ngatenah, M. H. Isa, A. Malakahmad, Nutrients Removal from Municipal Wastewater Treatment Plant Effluent using Eichhornia Crassipes. International Journal of Environmental, Chemical, Ecological, Geological and Geophysical Engineering Vol:3, No:12, 2009.

Tosepu, Ramadhan. 2012 Laju Penurunan Logam Berat Plumbum (Pb) Dan Cadmium (Cd) Oleh Eichornia Crassipes Dan Cyperus Papyrus. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, Vol. 19, No. 1, Maret. 2012: 37 – 45.

Wardani, at al, 2014. Kandungan Krom Pada Limbah Cair Batik Dan Air Sumur Disekitar Industri Batik UD Bintang Timur (Studi Kasus di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Bagian Kesling dan Kesehatan Keselamatan Kerja FKM Universitas Jember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


p-ISSN: 1979-004X; e-ISSN: 2621-4660


Index:


View My Stats